Diet Cairan Cepat Turunkan Berat Badan Tapi Tak Bertahan Lama

Salah satu cara ampuh untuk mengurangi berat badan hingga 21 pound (hampir 10 kg) dalam 21 hari adalah dengan diet cairan atauliquid diet. Namun hanya minum jus dan sama sekali tidak mengunyah makanan padat ternyata juga ada bahayanya.

Pakar diet yang juga penulis buku “Skinny Chicks Don’t Eat Salads” mengatakan diet semacam itu hanya menmberikan manfaat jangka pendek. Target penurunan berat badan cepat tercapai, namun efek sampingnya akan terasa setelah diet dihentikan.

“Selama hanya mengonsumsi makanan cair, metabolisme menurun. Akibatnya saat kembali mengonsumsi makanan padat, berat badan akan cepat kembali seperti semula,” ungkapnya seperti ditulis NY DailyNews, Senin (26/10/2010).

Pendapat senada juga disampaikan Anne Fletcher, penulis buku “Thin for Life” yang juga seorang konsultan berat badan. Selain mempengaruhi metabolisme, diet cairan juga memberikan dampak psikologis sehingga mengurangi peluang keberhasilan.

Meski bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, makanan dalam bentuk cair tidak akan menghadirkan sensasi perut penuh sehingga cenderung selalu lapar. Jika rasa puas yang seharusnya diperoleh saat makan itu dirampas, seseorang akan sulit untuk bertahan.

Diet cairan atau liquid diet merupakan program diet yang terinspirasi dari buku bestseller “Lose 21 Pounds in 21 Days“. Karena diperkenalkan oleh Roni DeLuz, dokter naturopati dari Martha’s Vineyard Inn, diet ini juga sering disebut dengan Martha’s Vineyard Diet Detox.

Program diet ini dilakukan selama 21 hari dengan target penurunan berat badan sebanyak 21 pound atau sekitar 9,5 kg. Selama mengikuti program, peserta sama sekali tidak makan makanan padat melainkan hanya jus dan kaldu sayuran.

Salam satu selebriti Hollywood yang mengikuti diet ini adalah Steve Harvey, komedian gembul yang membawakan acara Family Feud. Harvey sudah melewati setengah jalan dan hingga kini merasa tubuhnya masih baik-baik saja.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s