Kunci Langsing Itu Mempercepat Metabolisme Bukan Diet

Sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot melakukan diet, karena kunci untuk langsing adalah mempercepat sistem metabolisme. Tapi masalahnya bagaimana membuat metabolisme tubuh menjadi cepat?

Hal utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan adalah sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori.

Semakin tinggi metabolisme, maka makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh.

Metabolisme adalah proses tubuh yang mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. Selama proses biokimia yang kompleks, kalori dalam makanan dan minuman yang dikombinasikan dengan oksigen akan melepaskan energi yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh.

Bagaimana mempercepat sistem metabolisme?

Berikut beberapa cara yang dapat mempercepat sistem metabolisme, seperti dilansir Dailymail, Rabu (26/1/2011):

1. Memperbesar otot

Jaringan otot adalah metabolik aktif dan menggunakan energi bahkan pada saat istirahat, sedangkan jaringan adiposa (lemak) tidak melakukan apapun saat istirahat. Lakukan olahraga beban seperti angkat besi untuk dapat dengan cepat meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Minuman berkafein

“Segelas minuman berkafein seperti teh dan kopi dapat meningkatkan laju metabolisme basal sekitar 5 sampai 10 persen selama dua jam,” kata Dr Nicola Lowe, dosen nutrisi senior di University of Central Lancashire.

Menurutnya, kafein sebagai stimulan dapat meningkatkan aktivitas saraf dan membuat gerakan tubuh lebih. Kafein juga mengubah penggunaan bahan bakar, sehingga tubuh lebih banyak membakar lemak untuk energi daripada glukosa.

3. Makan karbohidrat kompleks
Memasukkan karbohidrat dalam daftar makanan sering dianggap buruk. Namun sebenarnya hal tersebut bisa baik untuk metabolisme jika yang Anda makan adalah karbohidrat kompleks, seperti kentang, pasta, gandum dan ubi-ubian.

“Ada bukti bahwa jika Anda makan banyak karbohidrat, Anda cenderung membakar kelebihan lemak yang ada di tubuh,” kata Tom Crisp, konsultan sports physician di BUPA Barbican Centre, London.

4. Olahraga teratur

“Metabolisme seperti mesin mobil. Pada saat istirahat hanya berdetak di atas, saat mulai bergerak Anda membakar bensin, dan ketika bergerak lebih cepat maka semakin banyak bensin yang dibakar,” jelas Tom Crisp. Jadi, semakin sering Anda berolahraga, semakin tinggi tingkat metabolisme.

5. Selalu bergerak
Orang yang selalu aktif dan bergerak akan memiliki tingkat metabolisme yang tinggi, sehingga biasanya akan tetap ramping meski banyak makan. “Seseorang yang tidak dapat duduk diam akan membakar energi lebih banyak daripada seseorang yang pasif dan tenang,” jelas Dr Lowe.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s